Tujuan Utama Menjadi Seorang Blogger


Selamat malam Blogger, bagaimana kabarnya? sudah dapat balasan coklat dari pacar di hari valentine kemarin, semoga saja lebih dari sekedar coklat. Saya pas hari valentine aja tidak berharap dapat coklat, boro-boro dapat coklat pacaran masih ngambang. :D
Succsess or Failure
Image by Word of DTC Marketing
Tema hari ini tentang Tujuan Utama Menjadi Seorang Blogger. Pada artikel sebelumnya saya sudah bilang ingin menulis artikel tentang tujuan menjadi seorang blogger, dan sekarang saya tulis. Kenapa saya ingin menulis artikel tentang hal ini? Karena menentukan tujuan utama menjadi seorang blogger adalah hal penting yang pertama kali harus ditentukan sebelum terjun kedalam dunia blogging. Pada saat masih mengenyam pendidikan taman kanak-kanak, apa yang pertama kali ibu guru tanyakan kepada muridnya (selain nama atau identitas diri)? Setahu saya, pertanyaan tentang "Apa cita-cita kamu saat besar nanti?" Sebagian murid ada yang menjawab ingin menjadi pilot, dokter, tentara, polisi, dan ada juga yang menjawab ingin menjadi seperti pe-sinetron GGS (Ganteng-ganteng Semut) Aliando Syarief. Itu bagus-bagus saja jika mereka memang ingin menjadi pilot, polisi, dll kelak saat dewasa, maklum masih anak-anak, jadi sah-sah saja menjawab seperti itu. Lalu kenapa pertanyaan ibu guru tersebut bisa penting? Psikologi pendidikan mengatakan, hal tersebut penting karena akan merangsang pola pikir anak agar semangat dalam belajar.

Ok, jika sekarang tahun 2016, maka jawaban anak TK seperti diatas sudah terlalu mainstream. Anggap saja sekarang anak TK udah greget banget, dan saat ditanya oleh gurunya:
  • Bu Guru : Apa cita-cita kamu saat besar nanti?
  • Murid TK : Ingin menjadi seorang blogger Bu Guru..
  • Bu Guru : Kenapa menjadi seorang blogger? *dengan lugu-nya dia menjawab
  • Murid TK : Ingin punya banyak uang dari iklan blog Bu Guru..
  • Bu Guru : !!!???@#$%^&*

Oh come on, jangan kira saya tidak tau apa tujuan utama kamu saat ingin menjadi seorang blogger, saya yakin jawaban kamu akan seperti murid TK diatas yang greget banget. Kenapa saya bisa menebak seperti itu? Tidak ingin munafik, karena jawaban saya juga seperti itu, hal ini lumrah bagi para blogger pemula yang ingin menjajal dunia blogging.

Jika Tujuan Utama Menjadi Seorang Blogger adalah ingin mendapatkan banyak uang dari iklan blog (seperti halnya Google Adsense) maka bersiaplah menerima konsekuensi-nya. Ada pepatah blogger bilang:
Ketika tujuan utama kita dalam membuat blog adalah Adsense, itu akan menjadi bumerang bagi kita sendiri. By Isrofia
Pepatah dari Mas Isrofia yang dituangkan pada blog Juragancipir milik Mbak Indri Lidiawati ini sangat memotivasi sekali. Dia mengibaratkan sebagai bumerang, saat bumerang dilempar sejauh mungkin bumerang akan kembali pada sang pelempar. Maksudnya, jika kita menjadikan tujuan utama menjadi seorang blogger adalah iklan blog (Google Adsense), maka bagaimana jika ternyata tidak sesuai dengan harapan kita? Tidak ada orang atau perusahaan yang mau pasang iklan di blog kita, atau ditolak Google Adsense untuk menjadi publisher, apakah kita masih semangat untuk menjadi seorang blogger? InsyaAllah 90% akan hilang semangat ngeblog, karena apa yang diinginkan tidak tercapai. Inilah yang dimaksud akan menjadi bumerang untuk kita, seperti yang dibilang Mas Isrofia.

Lalu apa tujuan utama menjadi seorang blogger? Pertanyaan ini hanya bisa dijawab oleh diri seorang blogger itu sendiri. Dan sampai saat ini, saya juga belum menemukan 100% jawaban yang pas untuk tujuan utama saya menjadi seorang blogger, saya sendiri masih bingung karena saya juga seorang blogger pemula. Tapi pada artikel sebelumnya saya pernah mengatakan bahwa saya ingin menjadi Full Time Blogger. Saya sendiri pernah mengatakan ini pada artikel sebelumnya:
Bismillah, semoga niat baik saya ini dapat diterima. Setelah mengingat dawuh Guru Besar  yang selalu memberi penyejuk bagi pendengarnya, saya ingin memutuskan untuk menjalani hobi saya ngeblog sebagai sarana saya menyalurkan hobi (ini yang pertama) dan InsyaAllah sebab ngeblog saya bisa mendapatkan penghasilan (ini yang kedua).
Ingin menyalurkan hobi (pertama) dan bisa mendapatkan penghasilan (kedua). Apakah ini yang menjadi tujuan utama saya ngeblog? Saya belum bisa mengatakan bahwa maksud dari kalimat itu adalah tujuan utama saya untuk ngeblog. Jujur saja, memang untuk blogger pemula seperti saya belum mampu memberi jawaban pas untuk tujuan utama dari ngeblog, dari perkataan saya diatas terkadang dominan pada yang pertama (ingin menyalurkan hobi) dan paling sering pada yang kedua (mendapatkan penghasilan). Dan dari hal tersebut saya terkadang merasa frustasi, dan malas untuk ngeblog, bagaimana jika ini terjadi pada diri kalian? Saya berharap kalian tidak seperti saya.

Blogger Connecting People

Tapi setidaknya saya masih memiliki semangat untuk ngeblog dengan menjadikan blog sebagai sarana saya bisa terhubung dengan teman-teman blogger dalam dunia maya, lebih pasnya jika saya istilahkan dengan Blogger Connecting People. Ya, saya merasa nyaman untuk ngeblog saat saya merasakan hal ini, layaknya silaturahmi pada teman-teman blogger lain, berbagi pengalaman dan suka duka selama ngeblog.

Mungkin sedikit saran untuk para blogger pemula, khususnya saya sendiri. Mulailah ngeblog dengan tujuan yang menyenangkan meskipun dalam keadaan sulit, karena itu akan menjadi power kalian saat beraktivitas ngeblog, tidak ada momok menakutkan dalam diri kalian jika ngeblog dengan landasan kesenangan. Hilangkan lebih dulu angan-angan untuk mencari penghasilan dari blog, karena Allah tidak tidur. Belajar menulis yang baik dan unik serta bermanfaat, anggap semua tulisan yang kamu tuangkan dalam blog adalah bentuk pengalaman atau cerita yang akan dibaca oleh anakmu nanti (hehe mendramai sekali motivasi ini). Berikan hal yang bermanfaat dan terbaik dari apa yang kamu bisa saat ngeblog, saya yakin semua akan datang dengan sendirinya. Masih ingat dengan kalimat keramat ini:
No. 1: Fokus pada pengguna dan yang lain akan mengikuti.
Mungkin para master blogger sudah mengetahui kalimat keramat tersebut. Meski terlihat sangat mudah, namun sulit untuk dijalankan, tapi bukan mustahil untuk bisa mewujudkannya. Man Jadda Wajada.

Kesimpulannya: Menentukan Tujuan Utama Menjadi Seorang Blogger adalah hal penting yang bisa menjadi sebuah power untuk kita mampu mencapai titik yang terbaik. Kesalahan dalam menentukan tujuan bisa menjadikan seorang blogger kesasar tak tentu arah. Malu bertanya sesat dijalan - Salah Menentukan tujuan bisa jadi berantakan.

Mungkin cukup sekian tulisan tak karuan ini disampaikan, jika ada salah kata atau salah pandangan, mohon dimaklumi karena saya masih belajar, alangkah baiknya jika para master blogger bisa memberi masukan dan saran. Terima kasih :)

2 komentar

5 Juli 2016 pukul 21.43

kalau tujuan utama saya ngeblog sih ya buat hiburan aja, sapa tau dapet uang :D

Balas
avatar
6 Juli 2016 pukul 05.36

Bisa dikatakan ngeblog dari hobi :)

Balas
avatar

Berkomentarlah sesuai topik artikel & Mohon tidak melakukan spam atau komentar negatif

View MoreARTIKEL PILIHAN